Polda Sulut Tertibkan PETI Bakan

Polda Sulut Tertibkan PETI Bakan
(Sumber: Harian Manado)

KlikSULUT – Keseriusan Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan Polres Bolmong menindaklanjuti tuntutan aktivis dan tokoh masyarakat agar segera menutup pertambangan emas tanpa ijin (PETI) di Busa, Bakan, Lolayan, telah dibuktikan.

Aparat yang melibatkan Kompi B Brimob Inuai dan Satuan Polisi Pamong Praja dari Pemkab Bolmong ini menertibkan lokasi, pada Selasa (2/7/2019). Bahkan, mereka bergerak cepat, dan sekira pukul 16.00 Wita tiba di lokasi. Rencananya, mereka di situ selama empat hari.

Setibanya di sekitar lubang tambang, banyak ditemukan tempat penampungan dan pengolahan. Sayang, para penambang tidak lagi terlihat di lokasi.

Kapolres Bolmong AKBP Gani Siahaan saat memimpin pasukan berpesan kepada para aparat di lapangan agar tidak melakukan kekerasan kepada para penambang. “Jangan ada kekerasan, cukup diimbau,” ujarnya.

Khusus penertiban lokasi yang menelan korban jiwa berturut-turut ini, Polres menyiapkan pasukan sebanyak 200 orang. Gani mengakui mereka akan berhari-hari sampai lokasi di Busa bersih dari penambang. Kata Gani, selain menindaklanjuti surat edaran Bupati Bolmong terhadap penertiban PETI, juga karena masalah lingkungan dan keamanan para penambang.

(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply