Begini Hasil Rukyatul Hilal Awal Ramadan di Manado

Begini Hasil Rukyatul Hilal Awal Ramadan di Manado
Rukyatul hilal di Manado. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Rukyatul hilal Bulan Ramadan 1440 Hijriah digelar Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Utara (Sulut), bekerja sama dengan BMKG dan stakeholder terkait, di Lantai 5 MTC Manado, pada Minggu (5/5/2019). Sayangnya, hilal tidak berhasil teramati oleh setiap saksi.

Menurut Pembimbing Syariah Kanwil Kemenag Sulut Muchtar Bonde, hilal tidak terlihat karena cahaya matahari terlalu terang. Padahal, ketinggian bulan ada di 4 derajat 51 menit 22 detik, sehingga sebenarnya berpotensi terlihat. “Karena cahaya matahari terlalu kuat, cahaya bulan tertutup dengan cahaya matahari,” ujar Bonde, kepada sejumlah wartawan.


Dia mengungkapkan, posisi bulan yang berdekatan dengan matahari menyebabkan bulan tidak bisa memantulkan cahaya. “Bulan tidak bisa memantulkan cahaya, eliminasi,” jelasnya.


Yang menarik, lanjut dia, kali ini banyak saksi yang tidak bisa melihat hilal. “Tadi ada banyak saksi yang menyaksikan jika bulan tak bisa dilihat,” ungkapnya.


Senada, Kepala Kanwil Kemenag Sulut Abdul rasyid mengungkapkan, meski hilal tak bisa terlihat di Sulut, awal Bulan Ramadan akan tetap ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar di Jakarta.


Sekadar informasi, Pemerintah telah mengumumkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5/2019), setelah melalui sidang isbat dalam menentukan awal puasa, yang dilaksanakan di Kantor Kemenag, Jakarta, Minggu (5/5/2019) sekitar pukul 18.50 WIB, usai salat magrib.


(Rifa Datunugu/Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply