PSU di Manado Dikhawatirkan Kurang Maksimal

PSU di Manado Dikhawatirkan Kurang Maksimal
Suasana PSU di Tangerang Selatan, beberapa hari lalu. (Sumber: reportase.tv)

KlikJAKARTA – Pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) yang akan digelar Sabtu (26/4/2019) besok, dikhawatirkan berjalan kurang maksimal. Meski demikian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado tetap optimistis berjalan sesuai harapan.

Menurut pengamat politik dan pemerintahan Ferry Liando, berdasarkan pengalaman sebelumnya, PSU justru banyak menimbulkan efek negatif. Dia mengungkapkan, jumlah partisipasi pemilih menurun dibandingkan pelaksanaan pemungutan suara terjadwal. “Apalagi besok ada Pawai Paskah Remaja GMIM dan ada yang pulang kampung,” ungkapnya.


Selain itu, kata Liando, PSU akan banyak menguras tenaga dan waktu penyelenggara di tingkat TPS. “KPPS masih kelelahan dan ada yang sakit. Jangan sampai ada anggota KPPS yang tak hadir saat PSU,” terangnya.


Dia berpendapat, KPU harus melakukan pengecekan langsung di lapangan untuk mengantisipasi masalah-masalah tersebut sejak awal. “Semoga PSU bisa berjalan maksimal,” sambungnya.


Sebaliknya, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado Marwan Kawinda mengungkapkan, pihaknya akan tetap melakukan pengawasan maksimal agar PSU bisa berjalan lancar. Bahkan, lanjut dia, Bawaslu bersama KPU Manado telah melakukan bimbingan teknis (bimtek) kepada PPS dan PPK di salah satu hotel di Kota Manado, pada Kamis (25/4/2019) besok. “Semoga PSU bisa berjalan baik,” tuturnya.


Komisioner Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih menambahkan, sejak beberapa waktu lalu, pengawasan sudah dilakukan dengan berbagai metode. “Salah satunya melakukan patroli,” tegasnya.


Dia mengungkapkan, Bawaslu Manado juga sudah mengingatkan agar KPU Manado melakukan berbagai upaya agar angka golput pada PSU kali ini bisa ditekan sekecil mungkin,” tegasnya.


Sekadar informasi, PSU akan digelar di 15 TPS yang tersebar di Kota Manado, pada Sabtu (25/4/2019) besok. Komisioner KPU Manado Ismail Harun menyebutkan, dari total 15 TPS itu, 10 TPS di antaranya ada di Kecamatan Malalayang, empat TPS di Kecamatan Tikala, dan satu TPS di Kecamatan Bunaken.


Kepada KlikNews, Ismail yakin PSU bisa berjalan maksimal. Apalagi, logistik sudah siap diedarkan ke setiap TPS yang menyelenggarakan PSU. “Rencananya malam ini sudah ada di TPS,” katanya.


Bahkan dia menegaskan, tak ada kata lain selain optimis PSU bisa berjalan maksimal. “Mau tak mau PSU harus berjalan maksimal dalam kondisi apapun,” pungkasnya.


(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply