Hingga Maret 2019, Sudah 6.649 Kasus Diproses Bawaslu Sulut

Hingga Maret 2019, Sudah 6.649 Kasus Diproses Bawaslu Sulut
Suasana dialog publik. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Kasus Pemilu di Sulawesi Utara (Sulut) ternyata lumayan banyak. Berdasarkan data Bawaslu Sulut, hingga 25 Maret 2019, sudah ada 6.649 kasus yang diproses badan pengawas pemilu tersebut.

Dari jumlah tersebut, 548 di antaranya adalah kasus pelanggaran pidana, 107 pelanggaran kode etik, 4.759 pelanggaran administrasi, 656 pelanggaran hukum lain.


Sedangkan pelanggaran yang masih dalam proses, disebutkan ada sebanyak 105 kasus. Adapun yang terhitung bukan pelanggaran sebanyak 474 kasus. Tingginya kasus ini membuat Sulut berada di urutan ke-11 provinsi dengan penanganan kasus pemilu.


Sementara itu, Komisioner Bawaslu Sulut Mustarin Humagi, dalam Dialog Publik Pengawasan Pemilu 2019 bersama Media Massa di Kantor Bawaslu Sulut, mengungkapkan bahwa sesuai putusan tindak pidana pemilu, terdapat beberapa jenis putusan, seperti politik uang, pemalsuan dokumen, dan ASN dan TNI menjadi pelaksana atau peserta kampanye.


“Untuk jenis putusan tindak pidana pemilu, politik uang sembilan kasus, pemalsuan dokumen sembilan kasus, ASN dan TNI sebagai pelaksana tim kampanye sembilan kasus, penggunaan fasilitas negara dua kasus, pelaksana atau peserta kampanye melanggar larangan kampanye 21, pelaksana kampanye melibatkan orang yang dilarang kampanye lima kasus, kader menguntungkan peserta pemilu 11, kampanye di media cetak atau elektronik di luar jadwal dua, dan kampanye di tempat terlarang satu,” terang Humagi.


(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply