KPU Sulut Makin Gencar Sosialisasikan Tata Cara Memilih pada Pemilu 2019

KPU Sulut Makin Gencar Sosialisasikan Tata Cara Memilih pada Pemilu 2019
Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi (memegang microphone). (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) ternyata makin gencar menyosialisasikan tata cara memilih bagi masyarakat, pada Pemilu 2019 nanti.

Yang terkini, KPU Sulut ambil bagian dalam sosialisasi bertema “Pendidikan Pemilih bersama Masyarakat Pemilihan Umum (Mapilu)-PWI Sulawesi Utara” yang dilaksanakan Mapilu dan PWI, di Gedung PWI Manado, pada Jumat (22/3/2019).


Dalam kesempatan, Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi bertindak sebagai pemateri dan memberikan materi terkait kesiapan KPU menghadapi Pemilu serentak tahun 2019.


Saelangi menjelaskan cara-cara pemilih yang telah terdaftar di DPTB untuk memilih di kota lainnya. Tak hanya itu, dirinya juga menegaskan bahwa KPU tetap menjunjung tinggi azas jujur dan adil yang telah diterapkan sejak dulu hingga sekarang.


“Ada yang bertanya mengapa warna surat suara diambil sangat dekat dengan warna-warna partai peserta pemilu, saya tegaskan tidak mungkin memakai warna merah muda, dan warna-warna inilah (kuning, hijau, merah, biru dan abu-abu) yang paling dominan, jadi itu akan sangat memudahkan kita untuk mengenali surat suara,” jelas Saelangi.


Dia juga menjelaskan tentang cara mencoblos surat suara, mulai dari surat suara Capres dan Cawapres, DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten dan Kota. “Untuk para penyandang disabilitas, tentunya kami mudahkan, yakni dengan bisa menunjuk orang-orang terdekat, yang dipercayai,” ujar Saelangi.


Dia juga berharap, sosialisasi itu bisa disampaikan kepada masyarakat luas, minimal ke lingkungan masing-masing.


(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply