DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Penetapan Tatib DPRD

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Penetapan Tatib DPRD
Foto bersama usai penandatanganan nota kesepakatan. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna Penetapan Tata Tertib (Tatib), di Ruang Paripurna Sekretariat DPRD Sulut, Jumat (1/3/2019) lalu.

Rapat Paripurna yang sebelumnya telah dilakukan pembahasan sejak tahun 2018 lalu ini, dipimpin Ketua DPRD Andrei Angouw, serta dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey, dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dan seluruh unsur Forkopimda.


Selain paripurna penetapan tata tertib DPRD Sulut, ikut ditetapkan juga program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Provinsi Sulut tahun 2019.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey menandatangani nota kesepakatan. (Sumber: KlikNews)


Rapat paripurna ini diawali pembacaan laporan oleh Ketua Tim Kerja Pembentukan Perda dan Propemperda Boy Tumiwa, yang diakhiri dengan penandatanganan nota kesepakatan.


Dalam laporannya, Tumiwa menjelaskan bahwa pada Tatib DPRD Sulut sudah dimasukkan poin kearifan lokal. “Point kearifan lokal tersebut adalah sanksi pemotongan gaji, bagi anggota dewan yang tiga kali paripurna secara berturut-turut tidak hadir tanpa alasan yang jelas,” ungkap Tumiwa.

Suasana rapat paripurna. (Sumber: KlikNews)


Dirinya yang menjabat sebagai Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bamperda) mengungkapkan, masuknya poin kearifan lokal ini menjadi pemacu semangat bagi anggota dewan untuk hadir dalam setiap paripurna.

Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw menandatangani nota kesepakatan. (Sumber: KlikNews)


“Point kearifan lokal ini bisa menjadi acuan bagi dewan kabupaten dan kota untuk dilaksanakan di tingkat kabupaten dan kota. Ini mungkin Tatib pertama di DPRD Sulut yang mengakomodir hal ini dalam kearifan lokal,” pungkas Tumiwa.


(Rifa Datunugu/Advertorial)

Baca Juga :  Bawaslu Sulut Kaji Laporan Dugaan Keterlibatan Oknum Pejabat Pemprov dalam Kegiatan Parpol
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply