Masih Ada Angkot yang Terpasang Oneway Stiker Caleg

Masih Ada Angkot yang Terpasang Oneway Stiker Caleg
Komisioner Bawaslu Kota Manado Taufik Bilfaqih. (Sumber: Bawaslu Manado)

KlikMANADO – Meski Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado telah berkali-kali melakukan penertiban, ternyata masih ada saja oneway stiker caleg yang terpasang di angkutan dalam kota (angkot) Manado.

Sebagaimana pantauan KlikNews, di sejumlah angkot jurusan Tuminting-Pasar 45, masih tampak oneway stiker beberapa caleg DPRD Manado maupun DPRD Sulut.


Hal ini pula diakui Komisioner Bawaslu Manado Taufik Bilfaqih. “Memang, baik oneway dan spanduk atau baliho yang melanggar aturan masih marak,” ungkapnya, saat dikonfirmasi KlikNews, pada Senin (11/2/2019).


Meski demikian, dia mengaku saat ini Bawaslu Manado tidak hanya diam saja. Upaya penanganan sedang dilakukan pihaknya, agar penertiban nantinya bisa dilakukan secara menyeluruh.


“Bawaslu tetap mengawasi. Untuk saat ini yang kami lakukan adalah berupa inventarisasi kemudian ditegur. Setelah itu kami jadwalkan untuk penertiban serentak,” tegasnya.


“Kami tidak bisa langsung menertibkannya, karena harus melibatkan Satpol PP, Polisi, dan Dinas Perhubungan Manado,” sambungnya.


Dia juga mengungkapkan, caleg pemilik oneway atau alat peraga kampanye (APK) yang melanggar aturan bisa disidang dan direkomendasikan Bawaslu kepada KPU, untuk dilarang berkampanye atau dihapus dari daftar caleg.


“Jika terbukti setelah oneway atau APK milik caleg tersebut sudah dilakukan penertiban berkali-kali namun tetap yang bersangkutan memasangnya tanpa merasa bersalah alias tidak menghargai aturan yang berlaku, maka berpotensi disidang dan kemudian direkom ke KPU untuk dilarang berkampanye atau dihapus dari daftar caleg,” pungkasnya.


(Sahril Kadir)

Baca Juga :  Jaksa KPK Sambangi Manado Besok. Ada Apa?
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply