Wakil Bupati Tanam Padi di Sonder

Wakil Bupati Tanam Padi di Sonder
Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey saat menanam padi. (Sumber: Humas Pemkab Minahasa)

KlikMINAHASA – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey menghadiri Penanaman Perdana Demplot Padi Sawah Menggunakan Phonska Plus dan Petragonik, hasil kerja sama Gapoktan Songkel dan PT Petrokimia Gresik, Jumat (8/2/2019) di Desa Tincep, Kecamatan Sonder. Kegiatan tersebut diawali prosesi tanam padi yang diikuti langsung Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey.

Robby dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan pertanian tanaman pangan berperan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas nasional, sehingga harus dilanjutkan secara berkesinambungan.


“Dalam pelaksanaannya terutama di lapangan, kita selalu saja diperhadapkan pada permasalahan klasik, untuk itu diperlukan kesamaan presepsi, keterpaduan teknologi dan sinkronisasi teknis program kegiatan dalam rangka pembangunan pertanian ke arah yang lebih baik,” ujarnya.


Stabilitas nasional, lanjut dia, erat kaitannya dengan kecukupan dan ketersediaan pangan bagi seluruh masyarakat. “Pemerintah berupaya semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan pangan tersebut dengan jalan meningkatkan produksi hasil-hasil pertanian terutama padi,” ungkapnya.


Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling hakiki, oleh karena itu kebutuhan pangan di suatu daerah mutlak harus dipenuhi,” kata Robby.


Seperti diketahui, dalam rencana kerja pemerintah saat ini, ketahanan pangan termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat, dibarengi kebutuhan pangan yang semakin meningkat pula. Sementara ketersediaan lahan terutama lahan sawah semakin sempit yaitu dengan adanya alih fungsi lahan.


Pada kesempatan ini Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey S.Si bersama PT Petrokimia Gresik menyerahkan hadiah undian kepada masyarakat berupa hand Sprayer dan paket pestisida.


Turut hadir Direksi PT Petrokimia Gresik Trudo Nainggolan, Junianto Simaremare, Asep Sagpul Muslim, anggota DPRD Minahasa Chintia Keintjem, Kadis Pertanian Suhban Torar, Camat Sonder Rouldy Mewoh, Kapolsek Sonder IPTU Stenly Korua, Danramil Sonder Peltu Donny Pasiowan, Kadis Kelautan dan Perikanan Janny Moniung, Kadis Pekerjaan Umum Novry Lontaan, Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Moudy L Pangerapan, Kabag TUP dan Keuangan Setdakab Minahasa Lonna OK Wattie, Hukum Tua Sonder Ronny Dapu, Gabungan Kelompok Tani Songkel Sonder, para petani Se-Kecamatan Sonder, dan tokoh masyarakat.


(Raynold Loing)

Baca Juga :  Ini Harapan RD Kepada 436 Mahasiswa KKN Unima di Minahasa
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply