Potensi Lahan Pertanian di Minahasa Masih Strategis

Potensi Lahan Pertanian di Minahasa Masih Strategis
(Sumber: Humas Pemkab Minahasa)

KlikMINAHASA – Potensi sumber daya lahan pertanian di Kabupaten Minahasa ternyata masih cukup strategis. Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, saat menghadiri Penanaman Perdana Demplot Padi Sawah Menggunakan Phonska Plus dan Petragonik, hasil kerja sama Gapoktan Songkel dan PT Petrokimia Gresik, di Desa Tincep, Sonder, Jumat (8/2/2019).

Dia bahkan menyebutkan bahwa saat ini lahan pertanian di kabupaten tersebut mencapai 75.000 Ha. “Luas lahan sawah 5.500 Ha, sedangkan luas sawah di Kecamatan Sonder 363 Ha, sementara luas lahan sawah lokasi tanam 84 Ha,” ujar RD, sapaan akrab Robby Dondokambey.


Tahun 2019 in, lanjut dia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa telah mengalokasikan anggaran untuk menunjang potensi pertanian. “Khusus di Kecamatan Sonder dialokasikan untuk 26 kelompok tani berupa bibit padi sawah sejumlah 150 Ha, serta beberapa bantuan lainnya,” jelas RD.


Dia pun mengaku bangga, karena saat ini sektor pertanian sudah difasilitasi BUMN Petrokimia Gresik, yang bekerja sama dengan 10 kelompok tani seluas 5 Ha. “Diharapkan ke depan, bukan saja Kecamatan Sonder namun seluruh kecamatan di Kabupaten Minahasa yang memiliki potensi padi sawah, dapat dibantu dibuatkan demplot untuk petani,” sambungnya.


Dia pun berharap, adanya teknologi dalam pengelolaan hasil pertanian ini, dapat dimanfaatkan demi meningkatkan produktivitas hasil pertanian. “Tersedianya sarana dan prasarana yang dibutuhkan harus didukung oleh sumber daya manusia yang handal, yaitu unsur teknis dari dinas pertanian untuk membimbing dan membina masyarakat,” pungkasnya.


(Raynold Loing)

Baca Juga :  Ini Alasan Burung Manguni Jadi Lambang Minahasa
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply