Kapolda Sulut Gagas Forum Pemilu Damai

Kapolda Sulut Gagas Forum Pemilu Damai
Kapolda Sulut. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Berbagai persiapan untuk menyukseskan Pemilu serentak 2019 sudah dilakukan KPU Sulawesi Utara (Sulut). Kamis (7/2/2019) kemarin, KPU Sulut menggelar Forum Pemilu Damai bertema Sosialisasi Kelembagaan KPU, di Hotel Peninsula Manado.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Ketua KPU Sulut Ardhiles Mewoh, Ketua Bawaslu Sulut Herwin Malonda, perwakilan parpol, tokoh-tokoh agama, dan stakeholder lainnya.


Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dalam sambutannya mengatakan, pemilu akan berjalan lancar kalau pengawas dan penyelenggara saling bekerja sama untuk mewujudkan pemilu yang damai.


“Saya kira pertemuan ini sangat baik karena kita saling bertatap muka, agar kita tahu apa yang menjadi permasalahan di dalam Pemilu 2019 ini,” ujar Dondokambey.


“Banyak hal yang perlu kita sadari bersama, karena pemilu ini bukanlah segala-galanya, tapi hak konstitusi kita lakukan bersama, dalam rangka memilih dan menjalankan amanat undang-undang,” kata dia lagi.


“Kuncinya hanya ada dua para penyelenggara dan pengawas, kalau penyelenggara dan pengawas melaksanakan tugasnya sesuai dengan amanat undang-undang saya kira pemilu akan berjalan dengan baik,” terangnya.


Dia pun berharap agar demokrasi yang akan dilaksanakan pada 17 April nanti bisa berjalan dengan baik.


Senada dikatakan Ketua KPU Sulut Ardhiles Mewoh. “Puji syukur forum ini sudah kita selenggarakan, mudah-mudahan forum ini terus berjalan, dan pemilu kita akan damai, itu tujuan utama kita,” terang Mewoh.


“Kami berterimakasih pada Kapolda Sulut, karena beliaulah yang mencetuskan agar forum pemilu damai ini diadakan,” kata dia.


Sementara itu, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto menjelaskan bahwa forum yang dimaksud tidak bersifat formal. “Kita di sini diskusi saja, tak usah sungkan-sungkan, ini bukan acara formal, jadi ngobrolnya jangan yang berat-berat,” ujar Sigid.


“Bulan depan harus ada lagi forum ini, siapa yang bersedia bulan depan acungkan tangan saja, kalau tak ada biar saya yang tunjuk,” kata Sigid diiringi canda tawa dan tepuk tangan dari hadirin di dalam ruangan.


Pada akhir acara, serah terima cendera mata diserahkan KPU pada Gubernur Sulut, Kapolda dan Bawaslu. Diketahui, bulan depan forum ini akan dilaksanakan partai politik PKB.


(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply