#ManadoBersih, Jangan Buang Sampah Sembarangan

#ManadoBersih, Jangan Buang Sampah Sembarangan
Hashtag #ManadoBersih Jangan Buang Sampah Sembarangan yang tertulis di bagian belakang kemeja. (Sumber: Facebook)

SEBUAH kampanye kebersihan baru kembali ditelurkan Wali Kota Manado Vicky Lumentut. #ManadoBersih Jangan Buang Sampah Sembarangan namanya.

Menarik melihat hashtag ini, yang ditulis di bagian belakang kemeja orang nomor satu di Manado ini bersama ajudannya. Mengingat beberapa waktu sebelumnya, hashtag serupa juga dimunculkan Pemerintah Kota Manado.


Bedanya, jika sebelumnya #BekingBersihManado berisi muatan ajakan bagi seluruh masyarakat Manado untuk bersama-sama membersihkan Kota Manado, kali ini justru seperti penegasan bahwa Manado harus bersih.


Memang, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, hashtag pertama sebenarnya adalah salah satu program Pemerintah Kota Manado dalam hal sanitasi dan persampahan. Namun lebih dari itu, jika dibaca dari sisi masyarakat, maka ini menjadi ajakan yang harus dituruti.


Sebab, membersihkan Manado dari sampah merupakan kewajiban seluruh anggota masyarakat. Dengan kata lain, kebersihan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Masyarakat juga harus ambil bagian dalam mengatasi masalah ini.


Namun, hashtag yang ditelurkan seorang kepala daerah ini akan terasa hambar jika tidak dikampanyekan secara maksimal oleh seluruh komponen perangkat daerah. Artinya, perangkat daerah, khususnya kepala perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Manado, juga harus turut mengampanyekannya.


Kampanye yang dimaksud tidak hanya dengan menyebarkan hashtag itu di berbagai lokasi atau media sosial saja, melainkan juga harus dijalankan di kehidupan sehari-hari, layaknya idiom ‘perubahan harus dimulai dari diri sendiri’.


Nah, wali kota telah memulainya. Kini saatnya kepala perangkat daerah mengikuti langkah itu, dengan memberikan penegasan bahwa dirinya dan jajaran di perangkat daerah yang dipimpinnya itu untuk bersih. Dengan begitu, maka masyarakat pun akan mengikuti. Semoga.


(***)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply