Kurangi Sampah Plastik, Eman Canangkan Penggunaan Tumbler

Kurangi Sampah Plastik, Eman Canangkan Penggunaan Tumbler
Suasana penanganan tumbler. (Sumber: Humas Pemkot Tomohon)

KlikTOMOHON – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon turut berinovasi dalam mengurangi penggunaan sampah plastik. Buktinya, Rabu (23/1/2019) kemarin, Wali Kota Tomohon me-launching tumbler yang dapat digunakan berulang-ulang, di Anugerah Hill Tomohon.

Launching dilakukan bersama Sekretaris Daerah HV Lolowang, Ketua Sinode GMIM Pdt Hein Arina, Kepala Badan Lingkungan Hidup Novi Politon, Kepala Kajari Tomohon Edy Winarko, seluruh pejabat Pemerintah Kota Tomohon, dan Kerukunan Keluarga Pendeta Guru Agama (KKPGA).


Menurut Wali Kota Tomohon Jimmy Eman, penggunaan tumbler adalah bagian dari komitmen Pemkot dan masyarakat untuk terus menjaga dan memelihara kelestarian alam dan lingkungan bagi semua makhluk hidup.


“Dampak negatif dari penggunaan plastik seperti matinya Paus akibat menelan sampah plastik. Begitu juga dengan matinya burung-burung yang diakibatkan sampah plastik. Serta akibat buruk lainnya karena banyaknya sampah-sampah plastik yakni rusaknya ekosistem,” terangnya.


Dia mengungkapkan, seluruh komponen masyarakat sengaja ikut dilibatkan Pemkot Tomohon agar ikut berkomitmen mengurangi sampah plastik. “Tumbler sebagai pengganti minuman kemasan plastik yang hanya sekali pakai,” jelasnya.


Adapun pencanangan penggunaan tumbler dilakukan dengan mengangkat tumbler oleh seluruh undangan, sebagai tanda sepakat menggunakan tumbler sebagai pengganti minuman kemasan plastik yang hanya sekali pakai.


Pemkot juga membagikan tumbler kepada para pendeta, guru agama serta para undangan. “Tekad bersama mengurangi wadah plastik diharapkan juga dikuti dan diterapkan seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon dalam berbagai kegiatan,” pungkas Eman.


(Vikni Samadi)

Baca Juga :  8 Ketua DPC Hanura di Sulut Dicopot Kubu OSO
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply