Manado Masuk Kota Terkotor oleh KLHK, Ini Tanggapan Mor Bastiaan

Manado Masuk Kota Terkotor oleh KLHK, Ini Tanggapan Mor Bastiaan
Ilustrasi. (Sumber: Kitanesia)

KlikMANADO – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengumumkan 10 kota terkotor dalam penilaian Adipura 2018.

Menariknya, dari pengumuman tersebut disebutkan bahwa Kota Manado menjadi kota besar terkotor bersama Bandar Lampung. Selain dua kota ini, ada juga Kota Medan, Kota Sorong, Kupang, dan Palu.


Untuk kota kecil, ada Waykabubak (Sumba Barat), Waisai (Raja Ampat), Ruteng (Manggarai, NTT), Buol (Sulawesi Tengah), dan Bajawa (Ngada, NTT).


Lantas bagaimana tanggapan Pemerintah Kota (Pemkot) Manado atas pengumuman tersebut? Berikut hasil wawancara KlikNews dengan Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan.


Menurut dia, sebenarnya Kota Manado tidak layak disebut sebagai kota terkotor. Sebab, yang dipermasalahkan pada penilaian Adipura untuk kota besar adalah pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang harus sanitary landfill.


“Sejak banjir bandang 2014, TPA di Sumompo sudah tidak mampu menampung sampah yang ada. Sedangkan sistem sanitary landfill adalah setiap ditaruh sampahnya harus ditutup dengan tanah. Dan lokasi di TPA kita sudah pasti tidak memungkinkan untuk hal tersebut,” ungkapnya, Senin (14/1/2019).


Makanya, lanjut dia, sejak beberapa tahun terakhir Manado tidak mendapatkan Adipura. “Solusi ke depan Pemkot Manado sudah tanda tangan MoU dengan Pemerintah Provinsi untuk membuat TPA regional,” sambungnya.


“Jadi kami sekarang sedang menunggu lokasi yang disiapkan oleh pemerintah provinsi. Baru bisa sistem yang dimaksud berjalan dengan baik. Saat ini kita hanya berusaha untuk mengurangi jumlah sampah yang ada dan menaruhnya di TPA Sumompo. Jadi bukan kotanya yang kotor,” tegasnya.


Manado sendiri, lanjut dia, sebenarnya sudah jauh lebih bersih jika dibandingkan dengan saat mendapatkan Adipura dulu. “Tapi biarlah, ini jadi motivasi bagi kita untuk bekerja lebih giat lagi demi kebersihan kota,” pungkasnya.


(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply