APK Caleg Ini Bakal Ditertibkan Bawaslu Manado Pekan Ini

APK Caleg Ini Bakal Ditertibkan Bawaslu Manado Pekan Ini
Komisioner Bawaslu Kota Manado Taufik Bilfaqih. (Sumber: Bawaslu Manado)

KlikMANADO – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado akan segera menertibkan sejumlah alat peraga kampanye (APK) yang menyalahi aturan. Hal itu diungkapkan Komisioner Bawaslu Kota Manado Taufik Bilfaqih, Rabu (9/1/2019).

Penertiban tersebut, kata Taufik, akan dilaksanakan pada Kamis (10/1/2019) besok. “Sedangkan untuk Oneway atau branding kampanye pada kendaraan yang ada di Kota Manado akan ditertibkan mulai Senin (14/1/2019),” ungkapnya.


Dia mengungkapkan, sebelum melakukan penertiban, pihaknya sudah menyampaikan informasi, teguran, hingga peringatan keras kepada caleg maupun partai politik (parpol) peserta pemilu, serta Tim Pelaksana Kampanye, untuk menertibkan sendiri APK-nya.


“Agar terlaksana dengan baik, kami juga sudah melakukan rapat koordinasi agenda penertiban dengan pihak-pihak terkait, seperti Satpol-PP, Dinas Perhubungan, dan Polresta Manado. Dalam rapat itu hadir juga Asisten I Pemkot Manado,” katanya.


Dia pun menjelaskan APK apa saja yang akan ditertibkan nanti. “Pertama, memiliki salah satu unsur kampanye seperti logo, nomor urut dan ajakan berupa visi dan misi,” bebernya.


“Berikutnya adalah APK yang berada di tiang listrik, pohon, kantor atau gedung pemerintah, tempat ibadah, jalan trotoar, layanan kesehatan rakyat, dan gedung pendidikan. Berada di ruang publik yang tidak memiliki izin atau SK dari KPU,” sambungnya.


“Jika ada baliho atau spanduk yang tidak memiliki unsur kampanye, maka itu bukan domain bawaslu untuk menertibkannya, melainkan domain Satpol-PP,” tambahnya.


Dia menambahkan, APK yang berada di halaman rumah warga juga akan ditertibkan. “APK yang berada di halaman rumah warga yang akan ditertibkan adalah yang tidak memiliki bukti tertulis bahwa pemilik rumah mengizinkan pemasangan APK itu,” terangnya.


“Sebab kami menemukan, ada APK yang dipasang dan ternyata tidak mendapatkan izin dari pemilik rumah atau halaman. Biasanya ini ditemukan di rumah yang tak berpenghuni,” pungkasnya.


(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply