Ada 6.176 Pemilih Disabilitas di Sulut

Ada 6.176 Pemilih Disabilitas di Sulut
Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Pemilih disabilitas yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan Kedua (DPTHP-2) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) ternyata tidak begitu banyak.

Berdasarkan data yang diperoleh KlikNews, terdapat 6.176 pemilih yang masuk kategori disabilitas, atau jika dipersentasekan hanya ada 0,32 persen dari total DPTHP-2, yang sebanyak 1.907.841 pemilih.


Dari total 6.176 itu, 33 persen di antaranya adalah tuna daksa. Tuna netra sebanyak 15 persen, 17 persen tuna rungu, tuna grahita sebanyak 19 persen, dan 16 persen sisanya adalah disabilitas lainnya.


Menurut Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu, perlakuan terhadap pemilih disabilitas tetap sama dengan Pemilu di tahun-tahun sebelumnya. “Nantinya mereka bisa dibantu,” ujar Lanny, saat ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa (8/1/2019).


“Mereka nantinya bisa menunjuk salah satu petugas di KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) untuk membantu mereka di dalam bilik suara. Mereka juga bisa menunjuk saudara mereka, atau saudara mereka bisa mendampingi sampai ke dalam bilik suara,” sambungnya.


Lany menambahkan, ruangan atau bilik untuk pemilih disabilitas tetap disatukan dengan pemilih lainnya. “Mereka hanya dibantu tapi tidak dipisahkan, dan untuk tuna netra, mereka punya template untuk memilih,” tegas Lanny, sembari menambahkan bahwa hal ini berlaku di seluruh Indonesia pada umumnya, dan Sulut pada khususnya.


(Rifa Datunugu)


Baca Juga :  Lagi, BBPOM Manado Temukan Mie Berboraks Masih Beredar
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply