KPU Sulut Umumkan LPSDK, Ini Peserta Pemilu yang Tidak Memasukkan

KPU Sulut Umumkan LPSDK, Ini Peserta Pemilu yang Tidak Memasukkan
Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) akhirnya mengumumkan Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) Peserta Pemilu dan Pilpres 2019, melalui Pengumuman KPU Provinsi Sulawesi Utara Nomor 1/PL.01.6-Peng/71/Prov/I/2019.

Kepada KlikNews, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan bahwa semua peserta pemilu 2019 telah memasukkan LPSDK hingga batas waktu pemasukan yang telah ditetapkan, yakni pada Rabu (2/1/2019).


Namun, dari 23 calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari Dapil Sulut, ada lima calon yang belum memasukkan. “Semuanya memasukkan. Parpol memasukkan, calon anggota DPD memasukkan, dan tim kampanye dari dua calon presiden juga memasukkan,” kata Mewoh, Kamis (3/1/2019).


“Semuanya kita umumkan kepada publik, supaya juga publik tahu, untuk menyampaikan kepatuhan dana kampanye itu bagaimana,” jelas Mewoh.


Dia menambahkan, tahapan pemasukan laporan sumbangan dana kampanye berakhir pada 2 Januari 2019, pukul 6 sore. “Dan ada tiga partai politik yang terlambat memasukkan. Untuk calon DPD ada enam calon, dan untuk capres dan cawapres satu yang terlambat,” bebernya.


“Pada bagian akhir akan diaudit. Dan dalam proses audit tersebut, yang diaudit adalah mengenai kepatuhan dan ketidakpatuhan peserta pemilu menyampaikan dana kampanye,” sambungnya.


“KPU akan menyimpulkan apakah dia patuh atau tidak patuh, dan ini akan menjadi temuan administrasi oleh Bawaslu jika memang ada ditemukan tidak menyampaikan pelaporan dana kampanye,” ungkapnya.


Menurut dia, ketidakpatuhan peserta pemilu dalam menyampaikan dana kampanye tidak akan diberikan sanksi pembatalan kepesertaan. “Kalaupun ada sanksi, kita akan menunggu saja dari Bawaslu,” terangnya.


“Yang pasti kita sudah sampaikan data dan informasi bahwa ada yang tidak menyerahkan sama sekali, dan ada juga yang terlambat. Namun KPU tetap akan mengambil sikap tegasnya, dan semua keputusan ada di tangan KPU,” tandas Mewoh.


Ingin tahu peserta pemilu dan pilpres 2019 yang tepat waktu, terlambat, maupun tidak memasukkan laporan dana kampanye? Silakan klik tautan di bawah ini.


(Rifa Datunugu)

Baca Juga :  28 Bacaleg DPRD Sulut ini Dinyatakan TMS
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply