Ranperda APBD 2019 Disahkan, Ini Catatan DPRD Sulut

Ranperda APBD 2019 Disahkan, Ini Catatan DPRD Sulut
(Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan Belanja (APBD) Sulut tahun 2019 resmi disahkan, setelah DPRD Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Paripurna Penandatangan Ranperda APBD Sulut tahun 2019, di Ruang Paripurna DPRD Sulut, Senin (19/11/2018) lalu.

 

Dalam rapat paripurna tersebut diketahui bahwa total pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp4.098.657.797.000. Adapun total belanja daerah direncanakan senilai Rp.4.504.485.841.000. Sedangkan penerimaan pembiayaan daerah direncanakan sebesar Rp.425.828.044.000, dan pengeluaran pembiayaan daerah di rencanakan sebesar Rp.20.000.000.000.

 

Menariknya, Juru Bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sulut Inggried Sondakh menitip sejumlah catatan dari DPRD Sulut untuk Pemerintah Provinsi Sulut terkait pelaksanaan APBD 2019, khususnya pada bidang pendidikan. “Diharapkan adanya pemberian pelatihan tenaga pengajar guna meningkatkan kualitas siswa,” ungkapnya.

 

“Diharapkan juga ada pemberian sarana dan prasarana untuk laboratorium, bus sekolah, ATK, dan seragam sekolah di daerah kepulauan, serta pemberian bantuan bagi siswa maupun mahasiswa yang berprestasi, maupun yang kurang mampu dapat ditambah disertai standarisasi bagi penerima,” sambungnya.

 

Dia juga mengapresiasi kerja sama yang dijalin dengan baik oleh Tim Penyusun Anggaran Daerah (TPAD) dengan Banggar DPRD Sulut, sehingga Rancangan Perda APBD 2019 bisa disahkan. “Ucapan terimakasih atas upaya dan kerja keras pimpinan daerah dan anggota DPRD sehingga pembahasan anggaran bisa berjalan dengan baik, bersama-sama SKPD di bawah pimpinan Gubernur dan Wagub yang bersifat responsif dan kooperatif dalam memasukkan data dan informasi sehingga dapat menyelesaikan pembahasan sesuai undang-undang dan norma yang berlaku,” kata Sondakh.

 

Sementara itu, Gubernur sulut Olly Dondokambey memberikan tanggapannya terkait catatan yang diberikan tersebut. Menurut dia, 90 persen catatan yang diberikan DPRD Sulut sudah tercover dalam APBD Sulut 2019. “Semoga dengan ditetapkannya Ranperda ini bisa menjadi pijakan akan terwujudnya cita-cita rakyat sulut demi kesejahteraan bersama,” kata Dondokambey.

Baca Juga :  UMP Sulawesi Utara Tahun 2018 Capai Rp2,8 Juta

 

Dia pun mengajak semua pihak untuk mengawal setiap kebijakan yang sudah ditata di dalam RAPBD Sulut 2019. “Saya mengajak pada kita semua untuk terus mengawal kebijakan dan program kerja yang tertata dalam APBD 2019 ini, apa yang menjadi catatan sudah tercover 90 %,” ajaknya.

 

“Tahun 2019 juga tahun demokrasi, sehingga kondusivitas masyarakat harus kita jaga bersama, sehingga ke depan sulut akan semakin hebat dan berdikari dalam ekonomi dan berdaulat dalam politik,” pungkasnya.

 

(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply