Titik Lokasi APK Tak Mampu Tampung Seluruh Peserta Pemilu, Ini Solusi KPU Sulut

Titik Lokasi APK Tak Mampu Tampung Seluruh Peserta Pemilu, Ini Solusi KPU Sulut
Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi saat memimpin rakor. (Sumber: KlikNews)

KlikSULUT – KPU Sulawesi Utara (Sulut) menggelar Rapat Koordinasi dengan seluruh KPU Kabupaten dan Kota beserta partai politik peserta Pemilu 2019 tentang titik-titik lokasi penempatan alat peraga kampanye (APK), di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Rabu (10/10/2018) kemarin.

 

Dalam rapat tesebut terungkap dimana saja titik lokasi penempatan APK yang ditentukan KPU Sulut, dan bentuk kampanye di media sosial, agar pelanggaran terkait pelaksanaan Pemilu bisa diminimalisasi oleh peserta maupun kontestan Pemilu.

 

Menariknya, sebagaimana diungkapkan Komisioner KPU Sulut Salman Saelangi, mayoritas titik lokasi APK yang disediakan pemerintah daerah tidak mampu memuat seluruh peserta pemilu. “Mengingat ada 16 partai politik,” bebernya.

 

“Untuk itu kami mencari jalan keluarnya, yakni dengan memperkecil ukuran baliho atau spanduk, atau juga membuat satu titik baru yang terpisah,” terang Komisioner KPU Sulut Divisi SDM dan Parmas ini.

 

“Untuk ukuran yang dimaksud tentu ada ukuran batasan maksimal. Tapi tadi sudah diserahkan kepada KPU Kabupaten dan Kota untuk membicarakan dengan peserta pemilu yang ada di masing-masing kota,” ungkapnya.

 

Dia pun menjelaskan bahwa ukuran terkecil dari baliho adalah 3×4 meter. Sedangkan ukuran terbesar adalah 3×5 meter. “Untuk spanduk ukurannya 1,5 sampai 2 meter,” terangnya.

 

Sedangkan untuk perawatannya, kata Saelangi, adalah tugas dan tanggung jawab dari setiap peserta pemilu. “Untuk APK yang dipasang oleh partai politik itu sesuai dengan lokasi yang telah ditentukan oleh KPU, nah terkecuali yang dipasang non APK, jadi yang non APK itu tidak memenuhi unsur atau tidak kumulatif unsur citra diri dari peserta pemilu,” tutur dia.

 

Dia menambahkan, rakor ini hanya mengevaluasi lokasi penempatan APK dan persiapan KPU terkait koordinasi dengan pemerintah maupun stakeholder terkait. “Selain itu juga, kami membahas APK yang difasilitasi oleh KPU sendiri dan mempersiapkan titik-titik mana yang akan dipasang APK,” pungkasnya.

 

(Rifa Datunugu)

Baca Juga :  KPU Sulut Ikuti Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara PHPU
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply