Video dan Foto Hoax Gempa Terus Beredar, Sutopo: Jangan Mudah Percaya

Video dan Foto Hoax Gempa Terus Beredar, Sutopo: Jangan Mudah Percaya
Sutopo Purwo Nugroho. (Sumber: Kompas)

KlikSULUT – Video dan foto hoax kembali beredar di masyarakat, pascagempa berkekuatan 5,2 SR di Palu pada Selasa (9/10/2018) pukul 5.15 Wita, dan 4,8 SR yang mengguncang Bulukumba, pada Minggu (7/10/2018) pukul 16.40 Wita lalu.

 

Hal itu diakui Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, sebagaimana rilis yang diterima KlikNews, Selasa (9/10/2018) pagi.

 

Menurut dia, video dan foto hoax yang meresahkan masyarakat itu sebenarnya adalah video dan foto gempa 7,4 SR yang mengguncang Donggala, beberapa waktu lalu.

 

“Gempa di Palu dan Bulukumba tidak menimbulkan dampak merusak dan korban jiwa. Namun oleh oknum disebarkan video dan foto-foto di medsos bahwa gempa tersebut menyebabkan jalan terbelah, rumah hancur, dan kepanikan luar biasa. Video dan foto tersebut adalah dokumentasi dampak gempa M7,4 di Donggala yang terjadi pada (28/9/2018) sore,” tegasnya.

 

Dia pun mengimbau warga agar tetap tenang dan tidak terpancing dengan video dan foto hoax yang disebarkan oleh oknum-oknum tak bertanggung jawab. “Jika gempanya kecil pasti tidak menimbulkan dampak. Hampir setiap hari terjadi gempa di Indonesia,” ungkapnya.

 

“Rata-rata 5.000 hingga 6.000 kali kejadian gempa dalam setahun di Indonesia. Jadi jangan terlalu takut dan berpikir negatif saat mendengar adanya informasi ada gempa. BNPB dan BMKG pasti menyampaikan kepada masyarakat,” tegasnya, lagi.

 

Dia pun menjelaskan gempa yang terjadi di Palu pada pagi tadi. “Gempa M5,2 telah terjadi tadi pagi dengan parameter sementara, kekuatan 5,2 SR, pada 9 Oktober 2018, pukul 4.15.47 WIB, dengan kedalaman 10 Km, pada 5 km Timur laut timur laut di Kota Palu,” terangnya.

 

Gempa, lanjut dia, dirasakan kuat selama kurang lebih 5 detik dan masyarakat setempat sempat panik. “Gempa ini tidak berpotensi Tsunami, dan belum ada laporan korban dan kerusakan akibat gempa,” tandasnya.

 

(Sahril Kadir)

Baca Juga :  Pemkot Manado Kirim Bantuan Bencana Donggala, Palu, dan Sigi
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply