KPU Sulut Ikuti Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara PHPU

KPU Sulut Ikuti Bimtek Hukum Acara Penyelesaian Perkara PHPU
Suasana pembukaan. (Sumber: KPU Sulut)

KlikSULUT – Sebanyak 17 utusan Divisi Hukum dan staf Bagian Hukum KPU Sulawesi Utara (Sulut) bersama 15 KPU Kabupaten dan Kota se-Sulut mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Hukum Acara Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), selama empat hari, di Pusdiklat Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor, Jawa Barat.

 

Mereka mengikuti kegiatan yang digelar Pusdiklat Mahkamah Konstitusi (MK) bekerja sama dengan KPU RI itu, bersama 135 peserta lainnya yang berasal dari seluruh KPU Provinsi dan Kabupaten dan Kota se-Indonesia, sejak 8 hingga 11 Oktober 2018 nanti.

 

Menurut Komisioner KPU Sulut Meidy Tinangon, bimtek tersebut digelar untuk membekali Divisi Hukum KPU dalam mengantisipasi adanya gugatan PHPU di Mahkamah Konstitusi, yang diberikan kewenangan oleh Undang-Undang untuk memutus perkara perselisihan hasil pemilu.

 

Sementara itu, Wakil Ketua MK Prof Aswanto, dalam materi keynote speaker dan sambutannya saat membuka kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa sebenarnya MK mendapatkan empat kewenangan, sebagaimana diatur dalam Pasal 24C UUD 1945. “Yaitu pengujian undang-undang terhadap UUD, sengketa kewenangan antar lembaga, memutus perselisihan hasil Pemilu, serta pembubaran Partai Politik,” terangnya.

 

Di sisi lain. dia berpendapat bahwa tugas KPU sangat berat, sehingga setiap personel KPU yang bertugas secara profesional perlu diberikan penghargaan sebagai Pahlawan Demokrasi. “Tugas KPU berat. Saya sering berkelakar bahwa komisioner KPU paling kurang harus mempunyai dua jantung karena sering mendapat protes dari banyak pihak, tak peduli benar salah,” ungkapnya.

Aswanto pun berharap, Bimtek gelombang ketiga yang digelar tersebut bisa meningkatkan kapasitas KPU. Sekadar informasi, pembukaan kegiatan ditandai dengan pengetukan palu oleh Wakil Ketua MK dan perwakilan peserta, di antaranya utusan Sub Bagian Hukum KPU manado Evie Jane Wauran.

 

(Rifa Datunugu)

Baca Juga :  Telkom Terus Pulihkan Layanan Telekomunikasi di Sulteng
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply