Warga Sulut Peduli Sulteng

Warga Sulut Peduli Sulteng
Ilustrasi. (Sumber: Kabar Toraja)

BENCANA gempa dan tsunami yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah (Sulteng), pada Jumat (28/9/2018) lalu, cukup memunculkan rasa keprihatinan yang mendalam bagi warga Sulawesi Utara (Sulut).

 

Sejak Sabtu (29/92018), masyarakat dari berbagai elemen masyarakat turun ke jalan menggelar aksi kemanusiaan berupa penggalangan dana bantuan bencana Sulteng.

 

Organisasi-organisasi kemahasiswaan, organisasi adat, hingga organisasi profesi dan politik secara spontanitas menggalang bantuan sebanyak-banyaknya untuk disumbangkan ke korban bencana.

 

Bahkan terpantau pada Senin (1/10/2018) malam, kelompok masyarakat yang jika diperhatikan berasal dari kalangan pengamen turut ambil bagian melakukan penggalangan dana.

 

Tidak hanya menggalang dana, sejumlah kelompok masyarakat juga sudah bersiap untuk ikut terjun langsung ke Sulteng untuk membantu para korban bencana dari sisi tenaga.

 

Ya, respon warga Sulut atas bencana tersebut memang patut diacungi jempol. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa rasa peduli warga Sulut kepada antarsesama manusia sangat tinggi.

 

Namun di balik itu, kami berpemahaman bahwa saat ini para korban bencana Sulteng tidak hanya membutuhkan bantuan dana, sembako, maupun tenaga saja.

 

Mereka secara psikologis sedang jatuh mentalnya, sehingga perlu diberikan suntikan motivasi. Motivasi untuk kembali membangun daerahnya yang sedang porak-poranda.

 

Kami teringat dengan bencana banjir bandang 2014 lalu. Memang tidak seberapa jika dibandingkan dengan dampak gempa dan tsunami yang menimpa Sulteng. Tapi pada dasarnya, bentuk bantuan yang dibutuhkan warga terdampak bencana di setiap daerah nyaris sama.

 

Untuk itu, kenapa tidak jika warga Sulut, selanjutnya, menggagas lahirnya Gerakan Sulteng Bangkit, yang berfungsi untuk membangkitkan psikologi warga Sulteng, sembari ikut mendoakan yang terbaik bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

(***)

Baca Juga :  Kedatangan Sandiaga Uno di Manado Ditunda
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply