Soal Pilpres, Ini Pernyataan Resmi PW Pemuda Muhammadiyah Sulut

Soal Pilpres, Ini Pernyataan Resmi PW Pemuda Muhammadiyah Sulut
Logo. (Foto: KlikNews)

KlikSULUT – PW Pemuda Muhammadiyah Sulut akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait sikap mereka terhadap Pemilihan Presiden 2019 nanti. Berikut pernyataan resmi yang disampaikan kepada sejumlah media massa, Minggu (23/9/2018).

 

Bismillahirrahmannirrahiim

 

Assalamualaikum Wr Wb

 

Alhamdulillah, segala puji kepada Allah Tuhan yang rahman dan rahim. Berkat kasih sayangNya bangsa kita bisa merdeka dari penjajahan ekonomi dan politik imperialisme global.

 

Kita sama- sama tahu, mulai pekan ini sampai April 2019, bangsa kita sibuk dengan pesta politik Pemilu 2019. Hampir semua orang dan elemen bangsa tersita perhatian, ikut terseret sampai terjebak dalam arus besar dukung mendukung para kontestan di pemilu 2019.

 

Dalam panggung politik kepentingan semua berhak dan bebas untuk menentukan pilihan azasinya. Pilihan bebas tak bisa diintimidasi apalagi didikte. Sebaliknya azasi memilih jangan sampai mendistorsi kualitas berdemokrasi, merusak tali kekeluargaan, menyinggung SARA sampai merongrong hak politik orang lain.

 

Terkait dengan hak azasi berpolitik, Pemuda Muhammadiyah (PM) juga punya sikap jelas dan tegas. Secara hubungan emosional Pemuda Muhammadiyah adalah underbouw Muhammadiyah. Namun secara lembaga Pemuda Muhammadiyah bersikap independensi organisatoris. Secara individual, pengurus dan anggota Pemuda Muhammadiyah punya independensi etis (etika individual) dengan sikap politik masing-masing.

 

Kedua sikap independen itu saling menguatkan. Organisasi tidak boleh dikooptasi oleh interest individual. Siapapun harus menghormati dan tidak berdalil untuk kepentingan politik umat. 

 

Sikap independen ini menjadi wacana Pemuda Muhammadiyah pusat maupun daerah. Wacana ini jadi ramai setelah saudara Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil A Simanjuntak masuk dalam bagian tim kampanye nasional calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto dan Sandiaga S Uno. Bergabungnya saudara Dahnil Simanjuntak sebagai koord Tim Juru Bicara  tim kampanye sangat membanggakan kaum perserikatan. 

 

Kami pun Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah (PWPM) Sulut dan 15 pimpinan daerah Muhammadiyah (PDPM) di Sulut mengapresiasi dan tetap mendukung pilihan azasi saudara Dahnil. 

 

Namun, ijtihad politik saudara Dahnil pasti ada konsekuensi ke Pemuda Muhammadiyah. Lantaran jabatan ketua umum PP Pemuda Muhammadiyah masih melekat dalam dirinya.

 

Kami tidak ingin ijtima Dahnil membias kepada organisasi. Karena sekarang pun sudah kuat stigmatisasi Pemuda Muhammadiyah masuk kutub politik milenial Prabowo-Sandi. Stigma ini bukan hanya direkam tim pendukung lawan, tapi juga keluarga besar Muhammadiyah.

 

PWPM Sulut ingin potret abu abu ini harus secepatnya di-clean-kan. Untuk membersihkan persepsi kubu kubuan ini, maka kami PWPM Sulut dan PDPM se-Sulut menyatakan sikap bersama jelas dan tegas.

 

1. Pemuda Muhammadiyah (PM) bukan organisasi politik. PM punya kebebasan untuk menentukan pilihan yang tujuannya untuk umat dan bangsa.

 

2. PM  jangan diseret-seret masuk di kubu politik siapa pun. Akan tetap netral kepada siapa saja dan kubu mana pun.

 

3. Sikap politik Ketua Umum PP PM Dahnier Simanjuntak tidak ada hubungan dengan Pemuda Muhammadiyah secara organisatoris.

 

4. Meminta  secara baik-baik saudara Dahnil A  Simanjuntak untuk melepaskan jabatan paling lambat pekan ini sampai masa sidang Muktamar PP PM bulan November 2018.

 

5. Mendesak PPPM untuk menggelar pleno untuk menggantikan jabatan Pj ketua umum sampai masa sidang Muktamar PP PM Bulan November.

 

6. Mendesak kepada PPPM supaya memberi pernyataan sikap kepada publik bahwa PM tetap netral dari blok politik manapun. Dan segala tindakan saudara ketua umum PPPM tidak ada kaitan dengan organisasi.

 

Demikian pernyataan sikap PWPM Sulut dan PDPM se Sulut, semoga langkah kami ini diridhoi Allah Tuhan Yang Maha Esa.

 

Fastabiqul Khairat

Baca Juga :  2 Oktober, Sandiaga Uno Sambangi Manado

Wassalamualaikum Wr Wb.

 

Manado, 23 September 2018

 

Mengetahui
PIMPINAN WILAYAH PEMUDA MUHAMMADIYAH SULUT

DTT               

RAMANG MUHAMMAD

KETUA UMUM

DTT

FUAD KADIR

SEKRETARIS UMUM

 

(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply