Dinyatakan TMS sebagai Caleg DPRD Sulut, Ini Tanggapan Herry Kereh

Dinyatakan TMS sebagai Caleg DPRD Sulut, Ini Tanggapan Herry Kereh
Herry Kereh. (Foto: KlikNews)

KlikSULUT – Herry Jones Johny Kereh atau biasa disingkat Herry Kereh dinyatakan KPU Sulut sebagai salah satu bakal caleg yang tidak memenuhi syarat (TMS) untuk maju sebagai caleg DPRD Sulut. Lantas bagaimana tanggapannya?

 

Herry Kereh mengaku akan tetap menghargai keputusan KPU Sulut yang telah menyatakan dirinya TMS sebagai caleg DPRD Sulut dari Partai Gerindra, untuk dapil Kota Manado.

 

Namun dia mengaku heran dengan munculnya keputusan tersebut, setelah membaca lampiran putusan. “Yaitu setelah melihat ada di poin persyaratan nomor 20 saya tidak memenuhi syarat, tentang putusan pengadilan,” ketusnya, Kamis (9/8/2018) kemarin.

 

Menurut dia, seluruh persyaratan yang diminta KPU Sulut telah dipenuhi. “Kan di situ setelah di ceklis semuanya ada, tinggal ditulis di situ tidak memenuhi syarat,” sambungnya.

 

“Nah, kalau berbicara persyaratan dari PKPU 20 tahun 2018 pasal 7, itu sangat jelas disebut bahwa kita hanya mengumumkan kepada media bahwa masa tahanan sudah selesai, kemudian memasukan putusan pengadilan, semuanya itu kan dipenuhi sebagaimana persyaratan dari PKPU, jadi yang tidak memenuhi syaratnya di mana,” katanya.

 

Untuk itu, Kereh menjelaskan bahwa hal itu akan menjadi patokan baginya untuk melakukan gugatan sengketa di Bawaslu Sulut. “Karena merupakan mekanisme dan prosedur sesuai dengan tahapan dari pada Bawaslu,” terangnya.

 

“Jadi nanti kami sementara menyusun untuk gugatan, jadi sengketa dulu kemudian kita gugat di Bawaslu. Tentunya Bawaslu akan menjadi hakim apakah saya ini tidak memenuhi syarat atau memenuhi syarat,” ungkapnya.

 

Dia menambahkan, dalam PKPU pasal 7 tidak menyebutkan bahwa bandar narkoba, mantan korupsi, dan kekerasan terhadap anak, tidak bisa maju dalam pemilihan legislatif.

Baca Juga :  Rum Usulu Masih Penjabat Sekretaris Daerah Kota Manado

 

Dia pun optimis bisa memenangkan gugatan sengketa nanti. “Saya yakin kita punya hukum, dan hukum adalah panglima,” tandasnya.

 

(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply