Jumlah Peserta BPJS-KTK di Sulut Harus Ditingkatkan

Jumlah Peserta BPJS-KTK di Sulut Harus Ditingkatkan
Foto bersama BPJS-KTK dan Pekerja Lintas Agama Sulut. (Foto: BPJS-KTK)

KlikSULUT – Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-KTK) Cabang Manado Tri Candra Kartika mengungkapkan, jumlah peserta BPJS-KTK dari pekerja lintas agama di Sulut harus ditingkatkan.

 

“Ke depan harus lebih diperluas jumlahnya. Jangan hanya puas dan berhenti sampai di angka 35ribu pekerja lintas agama,” ujar Candra, saat Rapat Koordinasi Kerja Sama Operasional (KSO) Kepesertaan Perlindungan Pekerja Lintas Agama Sulut, di Hotel Sintesa Peninsula, Senin (30/7/2018).

 

Untuk itu, lanjut dia, peran pemerintah sangat diperlukan agar masyarakat bisa memahami bahwa BPJS dan pemerintah saling sinkronisasi. “Diharapkan akan ada tambahan peserta program perlindungan berikutnya. Terutama bagi yang belum terdaftar. Hal ini tentunya perlu diambil alih oleh Pemprov Sulut,” ungkapnya.

 

“Kami akan sinergikan dan koordinasikan bagaimana data dapat kami himpun. Kami juga akan sosialisasi secara berkelanjutan agar mereka tahu proses hak dan kewajiban peserta,” terangnya.

 

Dia menambahkan, berdasarkan perkembangan pelaksanaan program, beberapa peserta telah mengalami risiko kematian. “Dan kami telah menyerahkan santunannya kepada ahli waris. Harapan kami seluruh pekerja lintas agama dapat ikut program perlindungan,” jelasnya.

 

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edison Humiang mengungkapkan, pemberian perlindungan kepada 35ribu pekerja lintas agama adalah langkah maju Pemprov Sulut dalam merealisasikan program yang berpihak kepada masyarakat, berupa jaminan kecelakaan kerja dan kematian.

 

“Kepada masyarakat yang belum memahami risiko pekerjaan agar dapat di-cover oleh perlindungan sosial. Karena intinya pemerintah memberikan ruang untuk terciptanya iklim perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

 

Humiang juga menegaskan, jaminan sosial dapat memberikan iklim kesejahteraan. “Kita harapkan ada peningkatan kesejahteraan. Karena akan berdampak pada menurunnya angka kemiskinan di Sulut,” kuncinya.

Baca Juga :  Sejumlah Wilayah di Manado Banjir Pascahujan

 

Sekadar informasi, beberapa waktu lalu BPJS-KTK sukses memecahkan rekor MURI mengikutsertakan 35ribu pekerja lintas agama di Sulut.

 

(Rifa Datunugu)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply