Warga Tomohon Segera Nikmati Jampersal dan RTK

Warga Tomohon Segera Nikmati Jampersal dan RTK
(Foto: Humas Pemkot Tomohon)

KlikTOMOHON – Masyarakat Kota Tomohon akan segera menikmati program Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK).

 

Hal itu terungkap setelah Pemkot Tomohon menggelar sosialisasi dua program tersebut kepada camat, lurah dan kader kesehatan, di Aula Naga Mas Kamasi, Selasa (24/4/2018).

 

Wali Kota Tomohon Jimmy Eman melalui Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Tomohon Harold Lolowang mengatakan, ada dua rumah tunggu kelahiran yang disiapkan di Kota Tomohon.

 

“Yaitu yang berdekatan dengan Rumah Sakit Gunung Maria di Kelurahan Kolongan Satu, dan Rumah Sakit Bethesda di Kelurahan Talete Satu,” ujarnya, saat membuka sosialisasi itu.

 

Rumah tunggu tersebut, kata dia, nantinya akan dikelola masyarakat, bekerja sama dengan pemerintah kelurahan dan puskesmas setempat, dengan sasaran ibu hamil yang berdomisili di Tomohon.

 

“Dengan adanya bantuan dana dari Pemerintah Pusat yang dikelola oleh daerah, diharapkan program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua masyarakat,” ungkap Lolowang.

 

Lolowang juga berharap, pemerintah kecamatan, kelurahan bahkan kader kesehatan yang paling mengenal wilayah masing-masing dapat bersama-sama meningkatkan peran serta masyarakat agar semakin mandiri, sehingga kualitas kesehatan masyarakat di Kota Tomohon terus meningkat.

 

“Mari kita terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk program Jampersal, sehingga berjalan dengan baik dan sesuai aturan atau juknis yang berlaku. Dengan begitu, tujuan dari program Jampersal dapat terwujud,” jelasnya.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tomohon dr Deesje Liuw diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy Pusung dalam laporannya mengatakan, tujuan program ini adalah untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan, serta menurunkan angka kematian akibat keterlambatan penanganan bagi ibu hamil, bersalin, dan nifas.

Baca Juga :  Beberapa Titik di Kota Tomohon Longsor, Pemkot Cepat Tanggap

 

Turut hadir, perwakilan Dinas Kesehatan Sulut Dorlentji Hangewa, Sekretaris Dinas Kesehatan Tomohon Djoni Kereh, para Kepala Seksi Dinas Kesehatan Tomohon, para camat, lurah dan kader kesehatan se-Kota Tomohon.

 

(Klara Sambow)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply