Stevi Tampi: Kowat Bukan Organisasi Liar

Stevi Tampi: Kowat Bukan Organisasi Liar
Ketua Kowat Stevy Tampi. (Foto: Kowat)

KlikTOMOHON – Langkah positif terus dilakukan sebagian awak media di Kota Tomohon yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Tomohon (Kowat), untuk mewujudkan visi menjaga netralitas pemberitaan setiap wartawan.

 

Terkini, Kowat telah berhasil menyusun pedoman dasar organisasi, yakni Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), sebagai payung hukum internal demi menjaga sikap profesional dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi).

 

Selanjutnya, kata Ketua Kowat Stevy Tampi, pihaknya akan melakukan langkah strategis organisasi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehingga tidak berkesan sebagai “Organisasi Liar yang Tidak Taat Hukum”.

 

Stevy menjelaskan, komunitas tersebut memiliki komitmen penting terhadap nilai perjuangan dunia jurnalis yang lebih mengutamakan kepentingan banyak orang.

 

“Sehingga mampu menjalankan fungsi perekaman dan penulisan berita tanpa kepentingan sendiri,” ujar Stevy, Senin (23/4/2018).

 

Adapun tujuan Kowat di antaranya adalah mewujudkan tercapainya cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagaimana diamanatkan Undang-undang Dasar 1945, mewujudkan kehidupan pers yang bebas, aman, independen dan profesional, dengan komitmen terhadap integritas moral yang tinggi.

 

“Terciptanya secara bebas dan bertanggung jawab, dalam pelaksanaan fungsi, tugas dan hak wartawan, untuk memperoleh dan menyebarkan informasi,” sambungnya.

 

“Hal penting lainnya, melakukan kontrol sosial, serta terjaminnya hak masyarakat untuk memperoleh informasi, yang sesuai dengan pasal 28 Undang-undang Dasar 1945, memperluas komunikasi, informasi dan sambung rasa antar sesama wartawan (media cetak dan elektronik) yang bertugas di Kota Tomohon, mempermudah akses bagi instansi/organisasi/masyarakat peduli media, untuk menghubungi wartawan (media cetak dan elektronik),” tambahnya.

 

“Serta menjadi sebuah kekuatan untuk membantu permasalahan yang terjadi dalam jurnalistik, baik dalam pemberitaan, kegiatan maupun dalam memberikan solusi pada permasalahan tersebut,” tandasnya.

Baca Juga :  Wali Kota Tomohon Lepas Kontingen Porprov ke-IX Kota Tomohon

 

(Klara Sambow)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply