Puting Beliung Terjang Tonelet, Lima Rumah Rusak

Puting Beliung Terjang Tonelet, Lima Rumah Rusak
Rumah yang dihantam puting beliung. (Foto: KlikNews)

KlikMINAHASA – Angin puting beliung menerpa Desa Tonelet Kecamatan Kakas, Minahasa, Senin (23/4/2018) sekira pukul 13.00 Wita.

 

Terjangan puting beliung tersebut mengakibatkan setidaknya lima rumah yang dihuni enam kepala keluarga di desa tersebut.

 

Data yang dirilis Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Minahasa menyebutkan, keluarga yang menjadi korban adalah Keluarga Kambaitan-Kaunang, Tambaritji-Sangkotan, Handrik Malonda, Robot-Mongi, Tundopo-Manimpurung, dan Jem Pangalila.

 

Meski demikian, hingga berita ini diturunkan, BPBD Minahasa telah menyalurkan bantuan kepada para korban.

 

“Saat ini bantuan yang diberikan oleh BPBD Minahasa berupa bahan pokok, seperti satu paket perlengkapan dapur, satu dos mie instan, susu, minyak goreng, ikan kaleng, gula dan satu kaleng biskuit,” sebut Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Minahasa Alex Dotulong, Senin (23/4/2018).

 

Sementara itu, Kasie Observasi dan Informasi BMKG Sulawesi Utara Sutikno, kepada wartawan mengatakan bahwa secara umum, musim pancaroba akan berlangsung sampai awal Mei.

 

Selama musim pancaroba tersebut, puting beliung bisa berpotensi terjadi di seluruh wilayah. “Karena kejadian yang sangat lokal dan waktu yang singkat, secara umum puting beliung tidak terdeteksi oleh satelit dan radar,” ujar Tikno.

 

“Angin puting beliung terjadi karena adanya pertumbuhan awan Cumulonimbus yang sangat kuat sehingga beda suhu dan tekanan udara pada awan dengan permukaan,” kuncinya.

 

(Rifa Datunugu)

Baca Juga :  Tasik Ria Resort Manjakan Wisatawan
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply