Kepala Lingkungan di Manado Jadi Trending Topik. Ada Apa?

Kepala Lingkungan di Manado Jadi Trending Topik. Ada Apa?
Pelantikan pala. (Foto: Facebook)

KlikMANADO – Sebanyak 504 warga yang terpilih menjadi kepala lingkungan di Manado, dilantik oleh Wakil Wali Kota Manado Mor Bastiaan, di Ruang Serba Guna Kantor Wali Kota Manado, Jumat (19/1/2018).

 

Menariknya, sejak pelantikan tersebut kepala lingkungan tiba-tiba menjadi trending topik. Tidak hanya di media sosial, pembahasannya juga ramai di warung-warung kopi dan berbagai tempat.

 

Tanggapan positif maupun negatif pun bermunculan. Ungkapan bernada puas dan tidak puas terucap dari lisan warga dengan berbagai alasan.

 

Hangatnya pembahasan kepala lingkungan awalnya terasa aneh, mengingat tugas dan tanggung jawabnya yang cukup berat karena merupakan ujung tombak Pemerintah Kota (Pemkot) Manado.

 

Keamanan, ketertiban, hingga kebersihan, menjadi tanggung jawab yang harus dipenuhi pemegang kursi tersebut. Nama baik pribadi maupun keluarga sudah tentu menjadi taruhan.

 

Namun di balik itu, ada tawaran menggiurkan yang bisa didapatkan oleh pala, sebutan akrab kepala lingkungan. Berikut alasannya.

 

1. Gaji pala sangat menggiurkan. Setiap bulannya, pala disebut akan diganjar upah senilai lebih dari upah minimum provinsi (UMP).

 

2. Kedudukan pala di masyarakat saat ini cukup tinggi. Sejumlah urusan kemasyarakatan ditangani mereka. Makanya, beberapa pengamat menilai jabatan ini sangat politis.

 

3. Proses untuk menjadi pala tidak mudah. Harus melewati proses seleksi yang ketat.

 

(Sahril Kadir)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply