Ini Alasan Burung Manguni Jadi Lambang Minahasa

Ini Alasan Burung Manguni Jadi Lambang Minahasa
Burung Manguni (foto : picssr.com)

KlikMANADO – Burung Manguni merupakan lambang Minahasa. Bahkan, burung ini menjadi figur utama yang dikaitkan dengan motto “I Yayat U Santi”.

 

Tapi tak semua warga Minahasa mengetahui latar belakang pembuatannya maupun siapa penciptanya. Berikut kami sajikan ulasan terkait hal ini, yang dikutip dari berbagai sumber.

 

Munculnya lambang Burung Manguni berawal saat Pemerintah Kabupaten Minahasa menyelenggarakan sayembara penciptaan lambang Minahasa, pada tahun 1967.

 

Sayembara ini diikuti empat seniman, dan akhirnya karya Adolf Kainde dipilih panitia sayembara sebagai gambar lambang terbaik. Lewat Sidang DPRD Minahasa, gambar ini pun ditetapkan menjadi logo Pemerintah Kabupaten Minahasa.

 

Adolf Kainde sebenarnya bukan putra Minahasa asli. Adolf diketahui merupakan pria kelahiran Flores pada tahun 1937, namun bersekolah di Tomohon. Selain mengajar di SMA Aquino, dia juga berprofesi sebagai staf redaksi Harian Kompas edisi Sulawesi Utara, dan meninggal dunia di Malalayang pada tahun 2000.

 

Untuk melahirkan lambang Minahasa, Adolf terlebih dahulu melakukan konsultasi perencanaan gambar dengan pamannya, Johanis Ngangi, yang waktu itu adalah anggota Badan Pemerintahan Harian era Bupati Letkol Sumampouw.

(baca halaman berikut)

Baca Juga :  Gelar Rakernas, ADO Bahas Masalah Ojek Online
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply