Ini Dia Sejarah Cap Tikus yang Perlu Anda Tahu

Ini Dia Sejarah Cap Tikus yang Perlu Anda Tahu
Proses pembuatan Cap Tikus. (Foto: Jurnal Manado)

KlikMANADO – Jika di Barat orang-orang sudah mengenal minuman bir sejak ribuan tahun lalu, masyarakat di tanah Minahasa juga ternyata punya minuman serupa, yaitu Cap Tikus, sejak masa lampau.

 

Bahkan terinformasi, minuman keras tradisional Cap Tikus, sudah ada dan membudaya sejak 2 abad silam di tanah Minahasa dan Sangihe.

 

Meski sering mengkonsumsi minuman beralkohol tinggi, yang dibuat sendiri oleh petani seho Minahasa dan Sangihe tanpa campuran kimia, banyak warga Minahasa justru tidak mengetahui asal usulnya.

 

Berikut kami sajikan sejarah dan asal usul Cap Tikus yang dikutip dari berbagai sumber.

 

Konon dalam legenda warga Minahasa, Cap Tikus, konon, merupakan ciptaan Dewa Makawiley sebagai dewa saguer pertama. Selain itu, ada juga dewa saguer Kiri Waerong yang dikaitkan dengan pembuatan gula merah dari saguer yang dimasak.

 

Dewa saguer lainnya adalah Dewa Parengkuan yang dihubungkan dengan air saguer yang nantinya menghasilkan Cap Tikus.

 

Adapun Parengkuan berasal dari kata “rengku” yang berarti ‘minum sekali teguk di tempat minum yang kecil’. Berdasarkan arti kata itu, orang Minahasa meyakini bahwa orang Minahasa pertama yang membuat Cap Tikus adalah Parengkuan.

 

Awalnya, minuman keras tradisional ini bernama sopi. Namun, sebelum tahun 1829, sebutan ini berubah. Perubahan sebutan ini terjadi saat orang Minahasa mengikuti pendidikan militer untuk ikut serta dalam perang Jawa.

(baca halaman selanjutnya)
Baca Juga :  Ini Sejarah Awal Mula Desa Ranotongkor (1)
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply