Waspada, Cuaca Ekstrem Terjang Sulawesi Utara

Waspada, Cuaca Ekstrem Terjang Sulawesi Utara
Cuaca ekstrem yang menerjang wilayah Manado dan sekitarnya, membuat sebatang pohon roboh dan menimpa sebuah mobil. (Foto: Wapena Sulut)

KlikMANADO – Hujan disertai angin kencang menerpa Kota Manado dan sekitarnya, Senin (16/10/2017) sejak pukul 16.00 Wita.

 

Kondisi tersebut membuat sejumlah warga enggan keluar dari rumah. “Lebih baik berdiam diri di dalam rumah saja daripada nanti terjadi apa-apa di luar sana,” ujar Oni, warga Wawonasa.

 

Apalagi di beberapa lokasi diketahui terjadi pemadaman listrik selama kurang lebih setengah jam.

 

Prakirawan cuaca Stasiun Klimatologi Kayuwatu Asep Hendrawan menjelaskan, kondisi tersebut karena Sulut memang sudah memasuki musim penghujan.

 

“Sekarang dipengaruhi siklon LAN yang ada di bagian timur Philipina sehingga mengakibatkan angin kencang yang melewati Sulawesi Utara dan hujan lebat,” terangnya.

 

Dari peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado, lanjut dia, diperkirakan kondisi cuaca ekstrem akan terjadi hingga Pukul 20.00 Wita. “Nanti di-update lagi,” ungkapnya.

 

Dia pun mengimbau warga agar menghindari aktivitas di sekitar pohon-pohon yang sangat rindang. “Begitu juga warga di lereng gunung dan lokasi rawan banjir agar tetap waspada,” tandasnya.

 

Sementara itu, saat berita ini diturunkan, Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado kembali mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem.

 

Dalam peringatan dini tersebut terungkap, cuaca ekstrem akan terjadi lagi pada pukul 20.00 Wita dan diperkirakan berlangsung hingga pukul 23.00 Wita.

 

Cuaca ekstrem itu diprediksi akan terjadi di wilayah Manado, Bitung, Minut, Minahasa, Tomohon, Kotamobagu, Minsel, Mitra, Boltim, Bolmut, Bolsel, Bolmong, Kepulauan Sitaro, Kepulauan Talaud dan sekitarnya.

 

(Sahril Kadir)

Baca Juga :  Pemkot Tomohon Evaluasi Penyerapan Anggaran Kegiatan Perangkat Daerah
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply