Pengucapan Syukur di Manado Bawa Pulang Apa? Ini Jawabnya

Pengucapan Syukur di Manado Bawa Pulang Apa? Ini Jawabnya
Kue Bepang. (Foto: SmartBisnis)

KlikMANADO – Pengucapan syukur di setiap daerah punya makanan khas yang senantiasa disajikan masyarakatnya. Bahkan seringkali, orang yang pulang dari lokasi itu membawa pulang makanan tersebut.

 

Jika pengucapan syukur di Minahasa identik dengan nasi jaha, sedangkan dodol di Minahasa Selatan, lantas pengucapan syukur di Manado, yang untuk pertama kalinya dilaksanakan Minggu (10/9/2017) besok di ibu kota Provinsi Sulut itu, para tamu akan membawa pulang makanan khas apa? Pertanyaan ini sudah pasti keluar dari mulut warga luar Manado.

 

Saat konferensi pers Manado Fiesta, Jumat (1/9/2017) lalu, Wali Kota Manado Vicky Lumentut memberikan jawabannya. “Kalau di Minsel bawa pulang dodol, Minahasa bawa pulang nasi jaha, di Manado ada semuanya. Nasi Jaha, Dodol, dan Bepang,” jawabnya kepada puluhan wartawan.

 

Kue Bepang adalah penganan ringan yang terbuat dari bahan utama beras ketan. Hingga berita ini diturunkan, tidak diketahui pasti dari mana sebenarnya makanan ini. Sejumlah klaim menyatakan, kue yang satu ini berasal dari Sukabumi, ada pulang menyebutnya dibuat pertama kali di Bugis.

 

Sedangkan beberapa karya ilmiah yang dihasilkan akademisi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) menunjukkan bahwa Bepang adalah makanan tradisional yang berasal dari Minahasa. Satu hal yang pasti penganan ringan ini jadi cemilan kesukaan warga.

 

Adapun cara membuatnya tidak sesulit apa yang dibayangkan orang. Bahkan, infonya kue satu ini bisa dibuat di rumah. Berikut resep pembuatan Kue Bepang sebagaimana dikutip dari berbagai sumber.

 

1. Bahan-bahan yang diperlukan:

 

½ liter air

 

½ kg beras ketan

 

1 kg gula merah yang diiris halus

 

2. Cara membuat:

 

Langkah yang pertama adalah mencuci beras ketan yang telah disiapkan. Selanjutnya, beras ketan dikukus hingga matang.

Baca Juga :  Video Warga Kayuwatu Lapor Dugaan Pengrusakan Bendera Merah Putih

 

Sementara itu, gula merah dimasak dengan sedikit air hingga mengental lalu saring. Berikutnya, pemasakan gula merah diproses dengan menggunakan ½ liter air. Tambahkan beras ketan ke dalamnya lalu aduk hingga beras dan gula merah tercampur secara merata.

 

Tahap berikutnya, masukkan ke dalam cetakan lalu padatkan. Jika sudah padat, Kue Bepang dapat dipotong-potong dengan ukuran sesuai yang diinginkan sebelum kue menjadi dingin.

 

(Ayi)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply