Ini 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi

Ini 6 Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi
Ilustrasi. (Foto: TahuPedia)

KlikMANADO – Gempa dahsyat terjadi di beberapa negara dari berbagai belahan dunia, dan menjadi ancaman yang serius bagi negara-negara tersebut. Indonesia merupakan satu diantara negara tersebut.

 

Indonesia bisa dibilang rawan gempa karena letak geologis yang berada pada pertemuan tiga lempeng utama dunia, yaitu lempeng Indo-Autralia, lempeng Eurasia dan lempeng Pasifik. Namun tidak hanya Indonesia yang menjadi wilayah yang rawan gempa, karena beberapa negara juga pernah mengalami gempa dahsyat. Berikut ini kami sajikan beberapa gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di bumi:

 

Valdivia, Chili

Gempa berkekuatan 9,5 SR terjadi di Valdivia Chili pada tanggal 22 Mei 1960. Bencana alam yang terjadi di Chili ini merupakan bencana yang sangat dahsyat, sehingga informasinya, gempa ini dirasakan juga di beberapa negara seperti Jepang, Selandia Baru, Filipina dan Australia.

 

Gempa Bio-Bio, Chili

Bencana alam dahsyat terjadi di pantai Bio-Bio Chili pada tanggal 27 Februari 2010. gempa ini memakan korban jiwa yang cukup banyak, yaitu 577 korban. Gempa yang terjadi di Chili ini berkekuatan 8,8 SR dan berpusat pada kedalaman 35 kilometer. Tidak hanya sekadar gempa saja, namun disertai dengan tsunami besar yang merusak ratusan gedung dan rumah.

 

Lepas Pantai Ekuador

Gempa besar juga terjadi di wilayah Ekuador dengan kekuatan 8,8 SR dan menelan korban yang lebih banyak, yaitu mencapai 1.500 orang. Gempa dahsyat ini terjadi pada tanggal 31 Januari 1906 yang juga disertai dengan gelombang tsunami yang datang tiga kali berturut-turut.

 

Sendai, Jepang

Pada tahun 2011, tepatnya tanggal 11 Maret terjadi gempa dahsyat berkekuatan 9 SR di Sendai Jepang. Gempa ini memakan korban hingga 15 ribu jiwa dan lebih dari 8 ribu jiwa hilang. Sebelumnya di wilayah ini juga pernah terjadi gempa dengan intensitas yang lebih kecil yaitu berkekuatan 7,2 SR.

Baca Juga :  Ini Aplikasi Video Call Menarik dari Google Untuk Anda

 

Pantai Barat Sumatera Barat

Di Indonesia juga pernah terjadi gempa yang sangat dahsyat, sehingga meratakan wilayah indonesia bagian barat tepatnya di Aceh. Kejadian itu terjadi pada tanggal 26 Desember 2004. Gempa yang terjadi di Aceh berkekuatan hingga 9,2 SR yang diikuti dengan tsunami besar pada waktu itu. Beberapa negara juga dilanda gempa ini. Gempa Aceh pada waktu itu terjadi diakibatkan karena terjadinya tabrakan lempeng Hindia dan lempeng Burma. Kejadian ini berlangsung sekitar 8-10 menit.

 

Prince William Sound, Alaska

Gempa berkekuatan 9,2 SR terjadi di Alaska pada tanggal 28 Maret 1964. Korban jiwa dalam kejadian ini mencapai 113 orang meninggal dunia akibat tsunami dan 15 orang akibat dari gempa tersebut. Pada saat gempa terdapat permukaan tanah yang terangkat hingga 15 meter ke atas.

 

Itulah gempa bumi terdahsyat yang pernah terjadi di bumi dan memakan banyak korban jiwa.

 

(***)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply